Tips Belajar IT

it

Baiklah, mau share sedikit tentang yang mau belajar IT. saya cuma mau share tentang tips2nya saja….
…tips untuk belajar IT itu :=

  1. Suka melek (kebiasaan orang yang insomnia cocok untuk daerah ini).
  2. Mau gak mau harus berhubungan dengan Bahasa Inggris, karena kebanyakan tutorial yang spesifik lebih ke bahasa inggris.
  3. Belajarlah dari dasar, kebanyakan dari programming (membuat program), administrator jaringan, designer, Database administrator (perancang basis data) sampai ke teknisi itu punya pedoman dasar. Istilahnya user guide ataupun book manual (buku manual) tentang model2 diatas.
  4. Sering tongkrongin komputer ataupun laptop dan terkoneksi internet, selain mencari informasi dari blog2 ataupun website2 resmi, juga ikutlah ke suatu komunitas di internet. meliputi := forum diskusi, milis(mailing list) ataupun grup2 jejaring sosial yang berhubungan dengan bidang di atas…
  5. Ngikutin pelatihan2, seminar, workshop yang berhubungan dengan IT.
  6. Tentukan bidang yang anda ingin pelajari dulu. Bidang IT itu setau saya di bagi lima yang ada di point 3. hal ini sangat berpengaruh untuk kedepannya. Jika anda benar2 bergelut di bidang IT, anda harus punya spesifik khusus tentang suatu bidang, dari situlah anda di hargai dan dari situ pulalah anda bisa menghargai diri anda sendiri.. Selain itu, kalo belajar di satu bidang tertentu dengan semangat yang luar biasa, tentunya akan menghasilkan sesuatu yang maksimal juga. di lain pihak, otak kita kan punya kapasitas memory yang terbatas, kalo mikirnya banyak dan double2 gitu kan akhirnya gak fokus, dan otomatis hasilnya juga kurang maksimal.
  7. ini yang harus di perhatikan. Ingat, dunia IT itu bukan hanya orang IT (maksudnya yang kuliah di IT saja), banyak kok pakar IT yang bukan dari basic IT, tapi mereka mempunyai keinginan kuat untuk mempelajari tentang IT.  So, bagi anda yang tidak mempunyai basic IT, jangan berkecil hati, asal punya semangat dan target dalam belajar IT, saya yakin kemampuan anda bisa di perhitungkan dan malah lebih jago dari yang punya basic IT.
  8. Jangan segan untuk bertanya kepada ahlinya, dan jangan malu, karena semua memang dari nol, gak ada orang belajar langsung jago, jadi selain dilarang malu juga tahan banting dalam belajar. Karena,semakin banyak masalah, semakin banyak juga ilmu yang dapat di gali…
  9. Sering2 menajamkan logika dengan kasus2 tertentu, karena belajar IT diharuskan mempunyai logika yang kuat
  10. Selamat mencoba dan selamat datang di dunia IT yang begitu kejam, semoga anda betah…… hehehe

NB := ini hanya sedikit pengalaman dari saya yang masih newbie dan masih haus akan belajar. Semoga bermanfaat, dan majukan Tekhnologi dengan IT kawan…..
Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.